Home

Monday, February 8, 2016

12 Keajaiban unik dari tanaman seledri yang perlu kita tahu.


Tanaman Seledri, memang sudah tak asing lagi di kalangan kita semua, apalagi ibu-ibu yang sering di dapur, pasti kenal dengan yang namanya seledri, Daun seledri biasanya sering dijadikan bumbu penyedap dalam masakan berkuah, karena aromanya yang khas, dan juga menghasilkan aroma yang hangat ketika kita memakai bumbu seledri dalam masakan kita. Kadang seledri juga bisa dijadikan hiasan tapi ingat ya bukan untuk hiasan rumah tangga (tapi di pikir-pikir bisa juga), yang pastinya sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajian, jadi lebih indah melihatnya jika masakan kita di hiasi daun seledri. Jadi laperr,
Oke langsung saja kita bongkar seperti apa keajaiban unik dari tanaman seledri ini, yuk kita simak penjelasannya :

  1. Seledri merupakan tanaman herbal yang kaya antioksidan flavonid seperti zea xanthin, lautein dan beta karoten. tentunya teman-teman pasti tahu kan manfaatnya, sedikit saya jelasakan bagi yang belum mengetahuinya,  fungsi zat-zat tersebut bagi tubuh kita adalah sebagai pelindung tubuh dengan meningkatkan imunitas tubuh kita, dan keajaibannya yang luar biasa adalah sebagai pencegah kanker. Wow luar biasa kan. Oke kita lanjut ke poin berikutnya.
  2. Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Dari penelitian yang di lakukan dalam 100 gram daun seledri hanya berisi 16 kalori, oke keajaiban kedua dari daun seledri ini selain dari memiliki kalori yang rendah ternyata juga mengandung serat non larut, yang kalo dikombinasikan dapat menurunkan berat badan dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tentunya bagi yang mempunyai berat badan berlebih dan kolesterol di atas rata-rata normal maka daun seledri ini bisa membantu Anda dalam menurunkannya. Tentunya dengan disertai dengan olahraga dan pola makan yang teratur. Dan pola hidup sehat.
  3. Dalam daun dan biji seledri mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup tarpen, limoene dan humulene, nah kalo aroma khas dari daun seledri ini adalah dari senyawa kimia yang dikenal dengan phthalides (butylphthalid dan turunan dari sedanenolid dihidro). Aroma khas tersebut bermanfaat dalam menambah selera makan. Dan menghilangkan bau amis pada makanan yang mengandung lemak dari hewan (ayam, ikan, sapi dll)
  4. Tanaman seledri juga misa menghasilkan minyak yang diperoleh dari ekstrasi tanaman seledri yang biasa disebut dengan minyak atsiri. Yang manfaatnya sangat luar biasa yakni bisa digunakan untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu seledri yang sudah tua umurnya juga bisa menghasilkan biji, dan bijinya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain dari bijinya akarnya pun memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, akar dari tanaman seledri ini bersifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.
  5. Dalam keajaiban No. 5 ini kita akan mengupas tentang kandungan Gizi yang terdapat dalam tanaman seledri ini. Oke langsung saja, seledri merupakan sayuran rendah kalori yang penuh dengan nutrisi, dalam 1 cangkir jus seledri segar, yang di buat dari 4 cangkir seledri cincang mentah memiliki 65 kalori, kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein. Hal ini membuat jus seledri merupakan pilihan sayuran yang baik. Sekitar 3,5 – 5 cangkir seledri per minggu , yang merupakan jumlah yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. ((livestrong.com, The Health Benefits of Raw Celery Juice, diakses 29 November 2014)), ((medicalnewstoday.com, What are the health benefits of celery?, diakses 29 November 2014)).
  6. Keajaiban selanjutnya adalah Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik.  Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata. Hebat kan (hehe)
  7. Tanaman seledri juga mengandung unsur kalium, kalium ini merupakan elektrolit dan mineral penting untuk membantu tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Kalium juga membantu pemecahan karbohidrat, dan tntunya itu sangat penting sekali dalam pembentukan otot dan protein. Satu porsi dari jus seledri mentah mengandung 1.050 gram kalium yaitu lebih dari 22 % dari asupan kalium yang di anjurkan untuk laki-laki dan perempuan.
  8. Selain dari kalium seledri juga mengandung kalsium yang penting untuk membangun dan memelihara kesehatan gigi, serta penting untuk menjaga struktur rangka yang kuat. Kalsium  juga dapat membantu mengirimkan informasi melalui sistem syaraf, dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Asupan yang dianjurkan dalam diet (RDA) untuk pria hingga usia 70 tahun adalah 1.000 miligram pre harinya sampai dengan usia 50 tahun dan setelah lewat usia 50 tahun maka asupan yang drekomdasikan bertambah manjadi 1.200 miligram. Satu porsi jus seledri mengandung 162 miligram kalsium, yang lebih dati 15% RDA untuk orang dewasa dan 13,5 % dari RDA untuk wanita.
  9. Dan ternyata dalam seledri juga mengandung Vitamin K yang bermanfaat untuk mendukung proses pembekuan darah, sehingga penting untuk penyembuhan luka dan memar. Kurangnya vitamin K dalam tubuh kita akan menyebabkan pendarahan dan kesulitan pulih dari cedera, bahkan memar ringan. Vitamin K juga membantu tubuh dalam memetabolisme kalsium, sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 1 porsi jus seledri mentah mengandung sekitar 118 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% asupan yang memadai untuk pria dan wanita.
  10. Dalam seledri juga mengandung Float, Float adalah salah satu vitamin B yang membantu tubuh untuk memecah, memproduksi dan menggunakan protein. Kurangnya Folat dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan, ramut beruban, diare dan anemia. Satu porsi jus seledri mentah mengandung 145 mikrogram Float yakni lebih dari 36% dari asupan untuk pria dan wanita, dan 29% dari asupan untuk ibu hamil dan menyusui.
  11. Seledri merupakan tanaman yang sangat kaya antioksidan. Seledri adalah sayuran yang mengandung fitonutrien seperti asam fenolik, flavonid, stilbenoids, dihidro, flavon, furancoumarins dan pitosterol.
  12. Nah selai dari kesebelas keajaiban yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita ternyata meskipun dalam seledri kandungannya kebanyakan air, tapi juga menyediakan cukup banyak serat makanan. Yang tentunya kita semua tahu fungsi serat ini sangat bermanfaat sekali bagi proses pencernaan kita. Seledri mengandung 1,6 gram serat dalam setiap 100 gram.

((nutrition-and-you.com, Celery nutrition facts, diakses 29 November 2014))
Nah itulah di antara 12 keajaiban dari seledri yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, terima kasih sudah mengunjungi blog saya ini, tunggu ya update selanjutnya, dengan artikel-artikel yang bermanfaat. Semoga arttikel ini bermanfaat. Di share ya!! terima kasih !!!


No comments:

Post a Comment