Home

Tuesday, February 16, 2016

DIET DAN KEBUGARAN REMAJA


Bagaimanakah penampilan kita? Apa yang kita rasakan?

Sejalan dengan perubahan pada tubuh pada masa remaja, begitu pula gambaran penilaian terhadap diri kita mulai terbentuk. Penghargaan diri (self esteem) adalah bagaimana kita menilai dan menghargai diri kita.


Kenali bahwa diri kita adalah milik kita, tanpa mempedulikan bentuk, ukuran ataupun warna kulit. Kesehatan yang baik dimulai dari cara makan yang baik dan aktivitas fisik yang sesuai. Pola makan yang sehat adalah memperhatikan terhadap apa, kapan dan seberapa banyak makanan yang akan kalian makan. Kunci untuk diet adalah menyukainya dan terus menjalankannya. Makan yang terlalu sedikit akan memperlambat metabolisme kita sebagai remaja bahkan menghambat pertumbuhan kita.

*Ingat lo... Jangan sia-siakan masa pertumbuhan agar tidak menyesal belakangan,
OK??
Contoh Kebiasaan makan yang baik antara lain sebagai berikut.
· Membiasakan diri untuk sarapan
· Kurangi makanan manis dan berminyak. Makanan manis cenderung meningkatkan pelepasan dopamin yang akan menyebabkan mekanisme ketagihan ringan.
· Tetap pada porsi reguler kalian, kalau bisa jangan porsi super tiap hari ya.
· Makanlah saat lapar, jangan saat kalian bosan
· Pilihlah makanan rendah lemak dan kolesterol
· Ganti makanan ringan dengan buah-buahan
· Minumlah air yang banyak
· Jangan makan sambil menonton televisi. Hal ini akan menyebabkan kalian makan lebih banyak dari yang kalian rencanakan.
Selain makanan empat sehat lima sempurna yang tentu telah dikenal luas oleh semua kalangan muda, tubuh kalian perlu cukup nutrien berikut.

KALSIUM nutrien ini ditemukan pada susu, yogurt, keju, es krim, dan sayuran berwarna hijau. (Kalsium adalah mineral yang memberikan kekuatan pada tulangmu). Tulang kita berkembang dengan cepat saat remaja. Hal ini memerlukan asupan kalsium yang cukup.

ZAT BESI diperoleh dari daging, kacang polong, kismis dan sereal.
VITAMIN A diperoleh dari susu, tomat, jus jeruk, dan sayuran.
VITAMIN D sinar matahari dan susu yang telah difortifikasi dengan vitamin D.
VITAMIN C diperoleh dari buah sitrus, jeruk, tomat dan melon.

No comments:

Post a Comment